Memahami Konteks Cerita ‘Absurd’

…and even the tooth fairy refused to reimburse me for a particularly painful molar, even when I left it a note saying that every additional day accrued interest.

Sebelum menerjemahkan, saya mengingat-ingat dulu sebatas pengetahuan tentang mitos peri gigi, yang memang tidak banyak saya pahami. Bahkan saya baru tahu bahwa peri gigi memberi imbalan. Di sini, ditekankan bahwa imbalan tersebut adalah uang (setelah saya baca bolak-balik) karena dalam kalimat sebelumnya, penulis mengisahkan sikap berhemat yang luar biasa.

Saya merenung cukup lama untuk mengartikan ‘interest’. Apakah gigi yang sakit itu menarik? Atau memang menarik dalam legenda peri gigi? Setelah membaca ulang seluruh alinea, tertangkaplah maksudnya bahwa si anak (tokoh yang sakit gigi) hendak memungut denda besar dari peri gigi yang tak mengindahkan penyakitnya alias tidak memberi kompensasi.

Jadilah terjemahannya sebagai berikut:

…bahkan peri gigi menolak memberiku imbalan atas geraham yang sakit luar biasa, bahkan ketika aku meninggalkan catatan bahwa setiap hari bunganya bertambah.

Pelajaran dari menerjemahkan bagian ini, menyelami karakter tokoh utama dan cerita yang mengesampingkan logika ‘jamak’ amat penting.

2 thoughts on “Memahami Konteks Cerita ‘Absurd’

  1. Haha, itulah ya Mbak ‘tantangan’ menerjemahkan fiksi 🙂 Tapi keren2, suka banget yang ini Mbak 😀 tapi kucari2 di mana cara berlangganan post terbaru web ini ya Mbak? Sejak dulu kucari2 gak ketemu, hehehe. Atau memang harus didatangi setiap hari? wkwkwk

  2. Terima kasih, Selvy:)
    Iya, aku lupa terus mau otak-atik soal langganan itu. Segera kulakukan. Terima kasih sudah diingatkan ya:)

Laisser un commentaire

