Meski Terasa Janggal, Harus Terbiasa

Kebenaran itu pahit, kata orang bijak. Dalam hal ini menyangkut pemakaian kata baku, tentunya dalam teks terjemahan.

Saat menerjemahkan pertama kali untuk sebuah penerbit dengan editor yang berbaik hati memberikan panduan selingkung, saya berterus terang bahwa tidak hafal dan tidak sempat (ini alasan yang tak boleh ditiru, insya Allah saya telah ubah pula) menjenguk KBBI. Jadi saya menggunakan kata-kata yang memang saya ingat saja, misalnya ‘memerhatikan’ yang kini sudah kembali menjadi ‘memperhatikan’ menurut KBBI IV.

Ketika mengerjakan proyek untuk penerbit yang taat KBBI IV, baik menerjemahkan maupun menyunting, mau tidak mau saya harus lebih awas. Seperti kata seorang editor, « Untuk apa mengorder ke luar kalau di dalam harus diperiksa lagi? »

Saya harus membiasakan diri dengan lema-lema yang kedengaran ‘aneh’ namun memang baku. Antara lain:

‘nahas’ bukan ‘naas’

‘politikus’ bukan ‘politisi’

‘kastel’ bukan ‘kastil’

‘gemeresik’ bukan ‘gemerisik’

‘gemerencing’ bukan ‘gemerincing’

‘merah manyala’ bukan ‘merah menyala’ -> baru satu penerbit yang menandaskan ini.

4 thoughts on “Meski Terasa Janggal, Harus Terbiasa

  1. Oh ya, mbak Rini?? Aneh sekali rasanya yang « kastel », « gemerencing », dan « merah manyala ». Khusus yang terakhir, jadi ingat dialek orang Papua atau Maluku. ;-P

    Tapi bukankah dalam novel biasanya lebih longgar ya Mbak? Seperti « napas »–KBBI baku, kulihat masih banyak novel yang menggunakan « nafas ». Begitu juga « sekedar » dan « sekadar ». 🙂

    1. Aku hanya bisa memberikan jawaban standar, Selvy, tergantung penerbitnya:)
      Kalau dalam novel lokal, ya, aturan kebakuan ini lebih longgar, menurut pengalamanku tapinya, hehehe.

  2. Sayangnya kalau saya menerapkan kata baku, penerbit kadang malah menolak karena merasa janggal, nggak enak, aneh.

    1. Kolega editor yang mengalami hal ini rela menjelaskan kata-kata tersebut secara rinci, Mbak. Kalau saya pribadi alhamdulillah tidak pernah diprotes:)

Laisser un commentaire

