Surat-Menyurat dalam Proses Kerja Sebagai Penerjemah

Sebenarnya ini mungkin ‘sepele’ bagi penerjemah yang sudah berpengalaman. Namun karena saya sering mendapat pertanyaan yang kira-kira berbunyi, « Bilangnya gimana ya kalau begini? » berikut saya kutip beberapa contoh sependek pengalaman saya pribadi.

Saat melamar sebagai editor, tapi dikirimi materi tes menerjemahkan.

Dear Mbak/Mas (nama editor),
Terima kasih atas email tesnya.
Namun saya ingin menanyakan dahulu, apakah tes editor freelance disamakan?
Sebab saya melamar sebagai editor:)

Terima kasih

Ketika melamar lowongan yang diperoleh di forum/komunitas/jejaring

Dengan hormat,
saya tertarik pada lowongan penerjemah yang diinformasikan di milis
Bahtera. Terlampir CV sebagai bahan pertimbangan dan saya bersedia dites apabila diperlukan.

Bila tidak memiliki materi asli (softcopy) untuk dilampirkan sebagai contoh terjemahan sewaktu melamar

Dengan hormat,
saya tertarik pada lowongan penerjemah yang diinformasikan di Facebook Penerbit FGH. Terlampir CV dan contoh terjemahan, namun mohon maaf saya
tidak memiliki materi aslinya karena penerbit memberikan dalam bentuk
hardcopy.

Melamar tanpa lowongan, misalnya mendapat contact person dari kolega penerjemah.

Dengan hormat,
saya memperoleh alamat email Mbak Diana dari rekan sesama penerjemah. Menurut
beliau, Penerbit HIJ sedang mencari penerjemah freelance. Saya berminat
mengajukan lamaran, terutama untuk menerjemahkan novel.

Terlampir CV sebagai bahan pertimbangan. Mudah-mudahan kualifikasi
saya memenuhi syarat.
Terima kasih atas perhatiannya.

Semoga contoh-contoh sederhana ini berfaedah.

8 thoughts on “Surat-Menyurat dalam Proses Kerja Sebagai Penerjemah

Laisser un commentaire

