The Ghost Writer (2010)

wikipedia

Saya lupa di mana menaruh bukunya, jadi nonton dulu filmnya. Ini pun berselang satu hari antara paruh pertama dan kedua, karena saya sudah ngantuk berat.

Kemudian saya tertukar antara Ewan McGregor dengan Tobey Mcguire.

Seorang ghostwriter dipilih mengerjakan memoar mantan PM dengan alasan dia tidak terlalu terkenal. Ini sudah menimbulkan pertanyaan menggelitik. Kemudian kala diketahui bahwa ghostwriter sebelumnya (atau penghubung semata? Saya kurang mengerti) meninggal secara mengenaskan. Tanda tanya lagi.

Sang mantan PM meminta ditulis yang baik-baik saja, khas sosok politik.

Ketegangan terbangun, dan segala risiko profesi ini pun mencuat. Kendati subtitle sempat berubah kacau di tengah sehingga saya kembalikan ke teks Inggris, saya tetap penasaran menonton sampai selesai.

Endingnya keren.

Ruang kerjanya juga keren.

Dan saya belum menemukan bukunya sampai pagi ini.

Sekadar catatan, film ini mengingatkan beberapa pengalaman kala saya menerjuni profesi serupa. Jadi kalau mau tahu apa itu ghostwriter, bukan penulis cerita hantu, tonton saja ini.

Rating: 4/5

Laisser un commentaire

