Genap Setahun

123rf.com

Tepatnya bulan Juli tahun lalu, saya dikontak oleh editor yang namanya sering saya lihat di buku-buku salah satu penerbit terkemuka tersebut. Tahun sebelumnya, saya memberanikan diri mengajukan lamaran via email beliau atas anjuran seorang kolega senior sebagai penerjemah. Sayang, saya tidak lulus tes sebagaimana terlampir dalam catatan sang editor dengan hiasan Track Changes yang amat banyak.

Kata beliau, « Barangkali bukunya kurang cocok. Lain kali coba lagi, ya. »

Sekitar dua bulan saya menghubungi kembali untuk tes ulang, namun tidak mendapat jawaban dan… baru dikontak tahun berikutnya, 2010. Kali ini saya langsung ditawari menjadi editor. Belakangan saya mengetahui bahwa itu berkat rekomendasi seorang senior lain. Bukan hanya saya tentunya, ada beberapa nama lain yang saya ketahui kampiun di bidang masing-masing.

Kesempatan itu langsung saya sambar. Tak terasa, sudah empat novel yang saya sunting terjemahannya. Memang belum ada yang terbit, namun ini pengalaman yang sangat menyenangkan. Kini saya beranjak ke editan kelima, yang berdasarkan ‘benang merah’ buku-buku sebelumnya, juga berlatar Asia. Ini namanya mimpi yang menjadi kenyataan. Alhamdulillah. ^_^

8 thoughts on “Genap Setahun

  1. Waaah kayaknya aku tahu tuh… 😛

    selamat ulang tahun Teteh… semoga semakin banyak suntingannya… dan semoga lain kali kita bisa kerjasama… *ngarep* 😛

    1. Momo pasti tahu:D
      Makasih, Mo. Aamiin… semoga aku bisa ngedit terjemahan Momo kapan-kapan *ngimpi aja deh*:))

Laisser un commentaire

