Belajar Menerjemahkan ke Bahasa Inggris

Meski teori penting, praktik tentu saja tak boleh diabaikan. Suatu pagi, saya termenung di muka rak buku yang tepat di depan wajah sewaktu bangun dan berpikir, betapa sedikitnya referensi yang saya miliki untuk belajar menerjemahkan ke bahasa Inggris. Ada yang tidak “sepasang”, misalnya Jendela-jendela Fira Basuki, hanya punya versi Inggrisnya karena buku bahasa Indonesianya raib di tangan tak bertanggung jawab.

Namun kemudian saya sadar, kenapa harus pusing-pusing? Membeli/mencari jelas tidak efektif, khususnya dari segi waktu dan lahan penyimpanan. Saya toh bisa membalik saja proses belajarnya. Baca yang Indonesia dulu, kemudian Inggrisnya. Asumsikan semua terjemahannya sudah pas, insya Allah demikian. Tapi saya mulai dari buku tipis dulu, yakni novel anak Terence Blacker, Ms. Wiz Supermodel. Alhamdulillah diterbitkan dalam versi bilingual, diterjemahkan oleh Ramayanti. Dan memang bahasa Inggrisnya ditaruh di belakang.

Seperti halnya membaca biasa atau belajar menerjemahkan teks Inggris ke Indonesia, saya berusaha mencerna konteks dan tidak sebentar-sebentar membuka kamus. Di sinilah makin terang teknik rephrasing yang pernah diajarkan seorang editor senior.

Contohnya adalah masalah kerapian. Memang sebagian besar orangtua menginginkan rumahnya rapi dan bersih, tapi Mr dan Mrs O’Brien sepertinya terobsesi oleh itu. (hal. 5)

For example, while most parents like a bit of tidiness around the place, Mr and Mrs O’Brien were obsessed with it. (hal. 69)

Mr O’Brien mengambil kartu itu dengan hati-hati agar tangannya tidak terkena kuman dan membawanya ke ruang duduk. Katrina sedang membaca buku, sementara Mrs O’Brien memoles kaki kursi. (hal. 6)

Mr O’Brien picked it up very carefully to avoid catching any germs and took it through the sitting room where Katrina was reading a book and Mrs O’Brien was polishing the chair-legs. (hal. 70)

Omong-omong waktu main ke webnya, saya baru tahu Terence Blacker yang juga menulis buku untuk dewasa ini bertanggal dan bulan lahir sama dengan saya.

Laisser un commentaire

