Dahsyatnya Penelusuran Google Books

anna

Beberapa waktu lalu, saya diajari Lulu « jalan pintas » mengecek selingkung. Katakanlah, saya tidak yakin penerbit tertentu memakai « kuatir » atau « khawatir » atau malah keduanya. Bertanya pada editor memerlukan waktu, dan jika saya bisa mengatasi sendiri, kenapa harus mengganggu beliau-beliau? Karena jarang ber-Google Books-ria, saya gagap. Ternyata mudah saja, di kotak yang muncul ketika mengakses http://books.google.com, saya tinggal mengetik misalnya « tempeleng gramedia ». Saya tinggal putuskan, biasanya berdasarkan nama editor yang tertera (baca: menyamakan) dan tahun terbit buku tersebut.

Metode ini memang sangat membantu. Kemarin seorang rekan penerjemah menanyakan padanan yang pas untuk « Advance Praise », saya langsung ketik di Google Books. Muncullah kata yang dapat disarankan berdasarkan temuan ini, « Testimoni. »

Ada juga faedah lain. Seorang kolega bercerita tentang hasil terjemahannya yang sudah terbit namun entah mengapa editor memotong sejumlah bagian sehingga menurutnya, banyak pesan tak tersampaikan. Saya penasaran, ketik judul buku tersebut dan penerbitnya lalu langsung tahu nama editor tersebut.

BTW gambar di atas juga hasil penelusuran tak sengaja. Ikut senang untuk penerjemah yang tertera nama dan judul bukunya itu karena dijadikan acuan.

Ah, Google, kamu luar biasa deh!:D

2 thoughts on “Dahsyatnya Penelusuran Google Books

Laisser un commentaire

