Gara-gara « Legal Pad »

Tersebutlah dalam naskah suntingan saya ada istilah legal pad. Konteksnya, pihak penggugat menghadapi benda tersebut tatkala sidang akan dimulai. Gambarnya seperti di bawah ini:

sxc.hu

sumber foto karya GlennPeb

Saya ragu dan bingung, kalau-kalau ada istilah khusus. Mungkin « berkas perkara » atau « formulir », dan semacamnya. Setelah googling kamus hukum, buka-buka kamus hukum yang ada di rumah, terpikir memasukkan kata kunci « legal pad [nama pengarang] ». Tidak bisa saya sebutkan namanya sekarang.

Muncullah excerpt salah satu buku karya pengarang tersebut, yang alhamdulillah saya miliki versi terjemahannya. Excerpt berarti nukilan halaman-halaman awal, jadi tidak sulit menemukannya. Buku itu saya ambil dari lemari, hitung-hitung « legal pad » ada di paragraf kesembilan, dan artinya…

blok·not n buku yg berisi helaian kertas kosong untuk catatan dsb dan mudah dilepas (biasanya berukuran kecil)

Demikianlah kisah editor peragu dan pencuriga atas satu istilah sederhana. Semoga berguna.

Laisser un commentaire

