Akal-akalan Proxy

Permasalahan: blog baru kami yang hosting di tempat sama dengan Nunik tidak bisa dibuka dengan operator utama yang kami gunakan untuk online. Selalu saja muncul pesan « receive a invalid response » (bukan typo, dari sananya begitu).

Mengaksesnya masih bisa dengan Free Proxy, baik add-on maupun dari web, namun halaman administrasi tidak mampu dibuka dengan cara ini. Setelah mondar-mandir konsultasi dengan tim support hosting, saya sampai pada kesimpulan bahwa operator utama kami memblokir jaringan hosting tersebut. Penyebabnya belum diketahui dan demi efektivitas, saya memprioritaskan googling penanganan dulu. Memakai operator lain sangat tidak praktis karena modem hanya satu, ditambah lagi operator lain itu kurang stabil dan mahal.

Yang saya lakukan:

1. Mengganti dengan proxy operator, disamakan dengan settingan GPRS-nya karena di HP bisa buka. Ditolak dengan pesan « invalid ».

2. Mengganti profil Firefox. Tak ada hubungannya sih, tapi lumayanlah jadi tahu. Sudah lama tidak masuk-masuk CMD.

3. Hapus cache dan cookies. Ganti browser. Install browser yang benar-benar belum dipakai. Semua nihil. Bahkan saya nekat coba Internet Explorer. Buntu.

4. Berdasarkan forum Support Mozilla, jadi curiga OS penyebabnya. Tidak kompatibel, dugaannya. Tapi masa harus ganti OS? Seperti kata anak gaul, saya sudah pe-we. Saya bolak-balik ke Control Panel, mengutak-atik… nihil belaka.

5. Akhirnya googling dengan bahasa Indonesia, karena langkah-langkah berbahasa Inggris tak ada yang manjur. Saya tiba di blog ini. Pikir punya pikir, sebab menduga masalahnya settingan proxy, saya praktikkan kiat ke-4. Berhasil.

Senang? Iya, dong. Tapi saya sudah bersiap mental bahwa teknik pengakalan begini sewaktu-waktu bisa lumer juga. Ditinggal sekitar satu jam, muncul lagi pesan berbeda « Service unavailable. » Yah, namanya juga proxy umum gratisan. Saya ganti dengan yang lain dalam daftar, bisa jalan lagi. Memang seperti kucing-kucingan:D

Efek samping lain, saya tidak bisa buka wordpress.com. Tak mengapa, itu diakses dengan browser lain saja. Kadang-kadang repot pangkal pintar [bukan narsis ya, yang pintar itu para penyedia info yang memberikan alternatif jalan keluar. Saya mah cuma tahu googling].

 

One thought on “Akal-akalan Proxy

Laisser un commentaire

