Menyunting Pirate Latitudes

 

Sinopsis
Sinopsis

Saya belum pernah membaca novel Michael Crichton. Kalau film yang berasal dari novelnya, sudah beberapa. Antara lain Jurassic Park yang sampai postingan ini ditulis masih diulang-ulang di TV dan Disclosure.

Baru tahu Disclosure itu karya Crichton? Sama dong:p

Ketika menerima tugas menyunting satu ini, yang ada di lemari adalah Sphere dan Next. Dua novel yang sudah menunjukkan kemahiran dan luasnya minat Crichton, terkhusus di area sains fiksi. Saya sempat membaca bab awal Sphere bolak-balik, beserta bahasa Inggrisnya, kemudian memutuskan menunda dulu karena jadi menghambat penghayatan cerita Pirate Latitude ini yang sama sekali berbeda.

Mau tak mau, mulai bab kelima, saya membayangkan Johnny Depp dengan Pirates of Caribbean-nya. Lokasinya saja sama-sama di Karibia, hanya karakter sentralnya, Kapten Hunter adalah orang Inggris. Krunya unik dan terdiri dari beberapa orang Prancis. Salah seorangnya, Lazue, wanita berkemampuan istimewa yaitu bermata jeli sehingga malam hari pun tidak kesulitan.

Ceritanya bernuansa petualangan yang seru, mendebarkan, berunsur fantasi dan thriller, menjelaskan antara lain satu hal yang sudah lama saya ingin ketahui: bagaimana seseorang bisa langsung mati karena ditembak di mulut, bukan di kepala atau jantung.

Sependek pengamatan saya, buku-buku Crichton terbitan Gramedia digarap oleh para penerjemah terpilih. Oleh sebab itu, mungkin saya boleh berbangga karena menyunting salah satunya:)

Laisser un commentaire

