Menangani Berantemnya Flash Player dengan Firefox

Beberapa hari belakangan, sering muncul kotak peringatan Shockwave Flash might be busy dll dengan pilihan « Continue » dan « Stop script ». Mengesalkan juga karena terjadi berulang kali, utamanya ketika buka FB, Pixton, dan baca e-mail yang belum rampung.
Atas saran teman, saya uninstall dulu Flash Player yang telah di-update. Setelah install ulang, beberapa saat damai sentosa. Dia menyarankan pakai Chrome saja. Namun tanpa mengurangi rasa hormat atas kelebihan Chrome, saya punya tatanan sendiri di laptop. Antara lain Chrome untuk buka Twitter supaya cache-nya tidak bentrok, juga untuk buka akun e-mail suami agar tidak bolak-balik signout karena kami sama-sama pikunan soal password.

Kotak peringatan muncul kian sering. Jengkel deh saya, apalagi Chrome tampak akur-akur saja dengan FP. Setelah main sana-sini (bukan browsing solusi, sudah bosan), muncullah ide: uninstall dulu Firefox-nya. Mungkin itu yang diberantemi FP, yang keukeuh bilang setelah diinstall berkali-kali (dalam proses maksudnya): application is currently in use.
Restart laptop, biar bersih sempurna. Saya install ulang FP terbaru, ternyata sudah versi 11.8. Firefox diinstall ulang setelahnya, supaya tidak cekcok lagi dan toh personal data serta customization setting tidak saya hapus. Jadi ketika browsing, semua password yang disimpan dan bookmark masih utuh.

Bereslah sudah, semoga untuk seterusnya. Entah ada hubungannya atau tidak, saat proses install, saya centang opsi: Always install update FP. Kalau itu maunya Adobe, okehlah…

Publicités