Web Ngadat dan Haus Menulis

Sebenarnya masalah teknis web saya bukan hal asing. Wajar dan sama saja dengan gangguan jaringan internet atau sinyal ponsel yang kadang menyebabkan SMS tidak terkirim sama sekali atau begitu terkirim, berulang-ulang. Malah saya relatif santai ketika web kena malware lumayan parah dua tahun silam sampai sejumlah postingan yang tercemar harus dihapus.

Ketika web tiarap kemarin, saya sempat menduga keberatan data. Pasalnya, saya termasuk yang haus menulis (memodifikasi sedikit istilah Lulu). Lulu juga menyarankan agar saya memelihara akun gratis untuk menampung curahan tulisan itu. Memang benar, sedikit-sedikit saya ingin menulis. Itulah sebabnya saya sempat « tumpah » berlebihan di media sosial seperti dikatakan Mbak Octa.

Sisi baiknya, saya kembali memperhatikan (baca: punya waktu) untuk blog yang lain. Akun wordpress gratisan bukannya tidak menyenangkan kok. Saya bisa gonta-ganti theme, menata widget, mengakali postingan dengan fitur Insert Youtube, dan macam-macam lagi. Memang kuantitas mengisinya tidak bisa sama, apalagi kalau harus menulis panjang-panjang.

Sewaktu mengecek Reader WP pula, saya bisa lihat-lihat Freshly Pressed yang kadang mendatangkan inspirasi. Saya akui belum mampu berpisah total dari media sosial yang semakin banyak dan variatif, tapi berusaha menahan diri dan mengontrol saja:)

Saya termasuk sering backup data, baik web, Twitter, dan FB. Yang malas saya lakukan adalah menulis dulu postingan di notepad atau Word, supaya tidak gigit jari jika WP error lalu postingan hilang dan sebagainya. Tapi bagaimana ya? Saya enggan menyesaki harddisk dan Google Drive sekalipun. Suatu waktu saya menyimpan sejumlah postingan dari jesos yang punya fitur blog, namun tak jadi saya upload ke web karena bahasanya « gitu banget ». Malu. Lebih baik membuka lembaran baru yang segar, seperti kata Nunik ketika webnya sakit dan « dioperasi ».

Inginnya sih menghapus beberapa postingan yang « aus ». Kadang ketika menelusuri, saya menemukan postingan yang isinya beda-beda tipis. Kalau tidak buang salah satu, saya gabungkan. Itu jadi trik memperbarui konten blog bila sedang kering ide. Memperbarui postingan lama, melengkapi sedikit, lalu ubah tanggal dan munculkan di halaman utama:)

Di samping itu, saya akan berupaya menerapkan anjuran Nad untuk menggunakan gambar dari tautan situs lain sesekali supaya tidak « kepenuhan ».

