Dunia Penerbitan Buku Ini Luas…

IMG_20130512_101622

… meskipun pelakunya terkesan sedikit/itu-itu saja. Memang bidang ini membutuhkan dedikasi.

Yang membuat saya betah dan sejauh ini tidak bosan adalah dinamikanya. Sekalipun saya bukan orang dalam (karyawan penerbitan), banyak yang bisa saya gali dan raih. Misalnya, sampai hari ini praktisi penerbitan berpengalaman banyak sekalipun tidak tahu rumus menerbitkan buku laris. Berlaku bagi buku terjemahan maupun karya asli.

Ini bukan isapan jempol. Baru-baru ini saya berbincang dengan editor penanggung jawab karya seorang penulis favorit saya. Naif kedengarannya kalau saya bersikukuh buku itu bagus, kok bisa kurang laku, lalu menuduh yang macam-macam… Kenyataannya pasar perbukuan kita memang penuh teka-teki, sangat sulit diprediksi. Gaya tulis dan ide-ide pengarang ini bagus, dia mampu menggarap berbagai tema. Kalau mencari alasan, kami berpendapat, « Mungkin karena cocoknya dibaca orang seumuran kita, 30 ke atas. Anak muda galau nggak nyambung. »

Terkait buku terjemahan, laris di luar belum tentu senasib di sini. Genre thriller pun seperti lempar-lemparan saja, saking penuh kejutannya. Kalau biasa-biasa atau mendarat di diskonan tidak mengherankan, tapi kalau ada yang sampai cetak ulang ya bengong juga (sekaligus bersyukur).

Kalau ada filmnya pasti promosi bukunya terdongkrak? Saya kira juga begitu. Tanpa bermaksud mengait-ngaitkan sebagian pembaca yang sangat tidak suka cover versi film (kalau ditanya kenapa, jawabannya standar, « Ya nggak suka aja deh. »), dugaan ini bisa meleset. Ada satu seri buku yang menggelegar di luar sana, berikut filmnya yang juga ditayangkan di sini. Tapi sampai ganti sampul pun, tidak terpengaruh. Belakangan saya baca beberapa orang kesulitan menemukan salah satu bukunya di toko, ya terima nasib sajalah…

Sekali waktu saya diceritai ihwal gosip terkini perbukuan yang kadang malah diketahui SPG ketika wakil penerbitan turun mengecek stok. Saya lupa nama kunjungan ke toko ini, tapi seorang editor pernah cerita dibisiki SPG-nya tentang penjualan buku penerbit lain. Semakin teranglah bahwa sedikit atau tidak ada pembaca yang mengulas di internet/blog/jesos tidak berarti bukunya kurang laku. Daratlah kenyataan sesungguhnya.

Saya masih penasaran mengenai PPIC. Pernah minta diterangkan seorang kolega, tapi belum paham betul.

Publicités

3 thoughts on “Dunia Penerbitan Buku Ini Luas…

      1. mungkin kurang lebih sama dengan tekstil yang modelnya khusus kali yah, teh..
        Make to Order jadi sistem produksi nya..
        Dan si material yang dibutuhkan dipesan ke supplier hanya berdasarkan order dari customer yang sudah fixed..

        beda dengan PPIC untuk Fast Moving product kayak shampo, saus sambal, atau snack yang pembelian dan proses produksinya berdasarkan sales forecast

Laisser un commentaire

Entrez vos coordonnées ci-dessous ou cliquez sur une icône pour vous connecter:

Logo WordPress.com

Vous commentez à l'aide de votre compte WordPress.com. Déconnexion / Changer )

Image Twitter

Vous commentez à l'aide de votre compte Twitter. Déconnexion / Changer )

Photo Facebook

Vous commentez à l'aide de votre compte Facebook. Déconnexion / Changer )

Photo Google+

Vous commentez à l'aide de votre compte Google+. Déconnexion / Changer )

Connexion à %s