Papan Tulis Efektif

Komentar Mas Agus, "Istriku sibuk ya..."
Komentar Mas Agus, « Istriku sibuk ya… »

Sudah beberapa kali saya memergoki saudara yang datang ke rumah, mulai dari sepupu, kemenakan, Bulik, dan banyak lagi, membaca catatan di papan tulis besar di tembok dekat pintu ruang tengah. Memunggungi meja kerja saya.

Mereka tidak berkomentar panjang lebar, paling, « Lagi banyak kerjaan ya? » Pertanyaan retoris, hehehe.

Sebenarnya papan itu saya letakkan karena sering lupa. Bukan hanya catatan kerja, nomor telepon Pak Erte, sejawat Mas Agus, barang yang perlu dibeli waktu belanja bulanan, benda yang perlu diperbaiki, selain jadwal dan deadline. Sengaja tidak dirinci, kecuali ada pedoman pengarahan dari editor penanggung jawab yang terdiri atas beberapa poin. Saya memang suka memakai teknik manual untuk hal tertentu, misalnya ketika membaca ulang editan. Saya tulis di kertas atau papan itu, apa saja yang perlu dicek kembali. Kata ganti, pengulangan nya, pemakaian « yang » yang tidak tepat, dan seterusnya.

Ternyata dari sekian banyak metode yang saya coba untuk menerangkan profesi kami (menyalakan laptop tidak disarankan, apalagi kalau ada keponakan kecil dan cucu), inilah yang paling « bermangpangat » kata orang Jawa:))

 

Laisser un commentaire

