Peran Penting Ayah bagi Perkembangan Anak yang Belum Banyak Diketahui Orang

Terharu membaca postingan bermanfaat ini.
« Ibu-ibu yang lebih dekat dengan sang anak cenderung menyesuaikan ucapan mereka dengan kemampuan verbal sang anak, sehingga kosakata anak relatif statis. Akan tetapi sang ayah yang memiliki waktu lebih sedikit bersama anak sehingga kurang mengikuti perkembangannya, akan ‘nekat’ menggunakan kata-kata yang lebih kompleks saat menghadapi anaknya dan memberikan kosakata baru dari dunia luar untuk diserap otak si bocah. Tak heran, para ayah bisa menjadi guru bahasa yang ampuh bagi anak-anak mereka. Ah, bangganya para ayah! »

Akhlis' Blog

Membaca ulasan Mark Oppenheimer berjudul « The Case for Dads » di China Daily tanggal 11 Juni 2014 di dalam penerbangan Dragon Air pagi ini dari Fudong Airport di Shanghai ke Bandara Hongkong, saya teringat betapa bangganya ayah saya saat mengetahui saya yang masih sekolah dasar kelas 1 waktu itu sudah mengetahui arti kata « deteksi ». Kata itu menurutnya belum banyak diketahui dan dipakai anak-anak seumur saya. Saya sendiri suka dengan kata itu. Membuat kalimat dengan kata-kata baru amat menyenangkan bagi saya saat itu. Ada semacam kesenangan jika saya bisa membuat kalimat yang memukau pembaca, membuat mereka terhibur, atau semacamnya.

Ayah memperkenalkan saya pada berbagai bahan bacaan di perpustakaan sekolah yang beliau kepalai. Saya beruntung sebagai anaknya karena mendapatkan akses ke perpustakaan sekolah yang seolah tanpa batas. Kapan saja saya bisa mengembalikan buku, semau saya, tidak ada yang bisa melarang.

Tetapi saya kemudian memaksa untuk pindah sekolah. Saya mau bersekolah di sekolah swasta…

View original post 342 mots de plus

Laisser un commentaire

