Dinamisnya Pekerjaan Ini…

… kadang menyerupai editor yang bekerja tetap di kantor. Agak repot kalau ingatan mulai silang-sengkarut dan tidak punya catatan.

Belum lama ini saya dihubungi editor lewat Whatsapp, mengenai naskah yang saya sunting sekian bulan ke belakang. Untungnya saya ada di rumah, jadi tinggal menyalakan laptop dan mengecek arsip yang beliau tanyakan. Naskah nonfiksi itu hasil susun ulang dan terdiri atas sejumlah tulisan. Menurut editor, ada satu tulisan tertinggal. Di daftar isi ada, tapi di badan naskah tidak ada.
Cari punya cari, rupanya naskah itu tidak tercecer… tapi saya ganti judulnya karena terlalu mirip dengan tulisan lain. Salahnya, saya lupa mengganti yang di daftar isi. Editor pun lega.
Meskipun rada kalang-kabut kalau harus mengorek kerjaan lama (apalagi saat di luar rumah), saya senang karena ini berarti naskah tersebut tengah diproses dan… tidak lama lagi akan terbit.
Catatan: « Tidak lama lagi » sangat relatif, tergantung antrean percetakan juga.

Laisser un commentaire

