Rem yang Pakem

Di hari kemenangan, sering kali kita lepas kendali. Beberapa tahun belakangan, terutama karena pengalaman pahit opname di musim lebaran, saya berusaha mengurangi makanan yang berpotensi bikin kambuh lambung dan pusing-pusing. Ternyata salah satu pengendali yang manjur adalah libur yang terbatas. Setidaknya tahun ini, ketika kumpul-kumpul bersama saudara lain yang tidak mudik. Atau menunda mudik sampai sekian hari setelah arus balik.

Waktu kumpul-kumpul itu, kebanyakan keluarga membawa « curhat » masing-masing. Keponakan bilang, « Habis Lebaran ini aku mau langsung tancap gas bimbingan nih, biar cepet sidang. Keburu dosennya ke luar negeri. » Adik saya bilang, « Kerjaan numpuk, libur juga formalitas doang. Kepikiran:p. » Beberapa saudara yang berprofesi pengemudi otomatis tidak libur saat Lebaran, memilih jaga stamina dengan menghindari makanan yang « membahayakan ». Makan ketupat sih iya, kue juga, tapi sedikit-sedikit aja. Sayur kari di rumah orangtua pun tidak memakai santan, demi keamanan semua pengonsumsinya:))

Hampir semua merasa « rugi » karena sudah belajar menahan diri dan mengatur pola makan selama Ramadan, kalau harus kebablasan yang akhirnya sakit. Para dokter dan praktisi medis juga butuh libur. Lebih baik liburnya untuk istirahat cukup, karena habis Lebaran harus bertempur lagi. Nggak enak juga kalau tiap tahun Lebaran selalu dijadikan alasan untuk minta perpanjangan waktu.

Dibilang segar-bugar seratus persen sih nggak, lantaran pakyu (lagi-lagi paktor yuswa ini jadi dalih). Capek mondar-mandir antarkabupaten yang sekaligus jalur wisata bikin kami perlu istirahat lebih dari sehari untuk memulihkan diri kemudian keliling rumah saudara dan tetangga lagi. Yang dekat-dekat tentu saja diutamakan, supaya tenang:D

Publicités

Laisser un commentaire

Entrez vos coordonnées ci-dessous ou cliquez sur une icône pour vous connecter:

Logo WordPress.com

Vous commentez à l'aide de votre compte WordPress.com. Déconnexion / Changer )

Image Twitter

Vous commentez à l'aide de votre compte Twitter. Déconnexion / Changer )

Photo Facebook

Vous commentez à l'aide de votre compte Facebook. Déconnexion / Changer )

Photo Google+

Vous commentez à l'aide de votre compte Google+. Déconnexion / Changer )

Connexion à %s