Akibat Kerajinan Klik « Save »

100_1972

Saya termasuk agresif masalah ini. Sudah set Autosave per menit, masih ditambah bentar-bentar klik Ctrl+S. Kemudian terjadilah kemarin, hasil editan saya tiap Subuh menghilang tanpa bekas. Terhapus? Bukan.

Ceritanya, saya selalu mengandalkan Recent Places di Explorer. Biasa, jalan pintas dan pingin gampang saja. Padahal nama folder dan file editan yang tengah saya kerjakan di Google Drive dan harddisk sama persis. Tanpa lihat-lihat dulu, saya main buka dan teruskan kerja saja. Belakangan terungkap bahwa kadang saya kerjakan di back up Drive, kadang di harddisk. Jadilah belang-belang. Tapi karena file bernama sama dan saya juga giat memasukkan ke Drive, alhasil hasil editan yang bercecer itu bukannya menyatu… malah tertimpa.

Dan saya harus mengulang sebagian besar kemarin. Yah, mau apa lagi. Wong teledor.

Langkah untuk mengatasinya (dan mencegahnya) sbb:

  1. Bedakan nama file dan folder, minimal folder, di Drive dan harddisk. Tentu sedapat mungkin nama singkat dan mudah diingat.
  2. Klasifikasikan file, yang belum dan sudah dikerjakan. Ini membantu jika kerja lompat-lompat. Memang itu yang saya lakukan, berhubung editan ini nonfiksi. Trik tersebut disarankan Mbak Eno, namun belum seluruhnya saya terapkan.
  3. Pecah file untuk menghindari hang dan masalah lain. Meski naskah hanya 200-an halaman, ternyata ini perlu. Juga walaupun tidak memakai Track Changes. Paling tidak, otak jadi ringan karena tidak terintimidasi volume (pinjam istilah Nui).
  4. Yang baru saya praktikkan, anjuran Lulu untuk simpan di draft Gmail. Walau nama file-nya sama, tidak akan tertimpa.
  5. Sedapat mungkin tidak mengandalkan Recent Places. Ini masih susah:p
  6. Bila membuka beberapa file Word sekaligus, sebaiknya tutup satu demi satu dan pastikan yang diklik file-nya, bukan tutup Word-nya. Pasti muncul peringatan atau pertanyaan untuk save atau tidak. Bila kita pelupa dan main jawab « No », habislah. Sebab itu berarti semua file Word yang berubah tidak disimpan.

Demikian, semoga ada manfaatnya.

2 thoughts on “Akibat Kerajinan Klik « Save »

Laisser un commentaire

