Sewaktu Otak Panas

break

Ini risiko fokus menuju tahap akhir penyuntingan. Seorang penerjemah senior mengaku membagi dua waktu kerjanya tiap hari (kalau memungkinkan), menerjemahkan dari pagi sampai siang, lalu siang atau sorenya menyunting. Supaya segar, kata beliau.

Saya merasa sudah banyak menyeling dengan nonton DVD dan mendengarkan musik. Bolak-balik kamus dan riset online saja sering terlena. Tapi saking panasnya otak, kemarin saya sulit tidur siang.

Tahu-tahu editor suatu penerbitan menyapa, bercerita tentang naskah novel lokal yang saya edit sekian bulan ke belakang. Menurutnya, penulis yang bersemangat merevisi naskah itu hingga tebal sekali dan editor inilah yang mengulangi penyuntingan dari awal. Memang demikian tugasnya (kok saya sebel ya kadang dengan ucapan « kan memang tugasnya »), dan lazim ada « perubahan » macam ini. Ibarat skripsi yang ujug-ujug ganti judul. Tapi tak ayal saya tak enak hati juga… pantaskah nama saya dicantumkan di halaman hak cipta nanti? Sepertinya porsi sang editor penanggung jawab jauh lebih banyak.

Selanjutnya, editor ini minta masukan subjudul buku lain yang saya sunting juga. Terjemahan, sih, tapi lumayan lama berselang dan saya rada-rada lupa. Saya beri beberapa usul, katanya, « Belum dapet. » Kemudian dia bilang, yang disukai itu subjudul kombinasi khas fiksi dan nonfiksi. Nah lho… saya ngerti kira-kira maksudnya, tapi mengepaskan rasa yang subjektif sungguh sulit.

Akhirnya dia meramu beberapa kata yang diusulkan supaya sesuai selera, dan mudah-mudahan disetujui atasan. Kegiatan berpikir « mundur ke proyek baheula » ini jadi semacam penyegaran juga. Sorenya saya kembali meneruskan penyuntingan, ditemani lagu-lagu Bee Gees.

Laisser un commentaire

