Mengamati Perubahan Fitur dan Menu di Internet

address

Sebagai pehobi yang pernah mencicipi dunia IT, sampai kini saya masih gemar memperhatikan aneka perubahan di dunia maya. Google, misalnya. Saya pernah menggunakan script khusus untuk membersihkan hasil pencarian dari situs-situs berisi daftar link dan iklan berbagai rupa yang konon menjamur akibat SEO. Ada pula add-ons yang saya install untuk memendekkan link seperti dulu, sehingga saat kopas dari hasil pencarian Google tidak sepanjang jalan kenangan lagi. Kalau masih kurang ringkas, tinggal memakai Bit.ly dan situs pemendek lainnya.

Bagaimana Google sekarang? Selain ngubeknya yang makin ruwet karena kata kunci mesti spesifik, saya baru sadar bahwa di bagian bawah terpampang lokasi sesuai IP address.

Ihwal media sosial, buat saya masih lebih seru mengamati dinamika Facebook ketimbang si cuit-cuit pengicau. Memang tidak semua perubahan fitur itu menyenangkan atau memudahkan, tapi ini kan gratis. Mau bilang apa? Belakangan saya kesulitan menata daftar kontak karena tidak bisa melihat grup yang sudah saya kelompokkan lagi. Mesti satu-satu? Kan repot. Jadi kapan-kapan saja saya lakukan, siapa tahu muncul kembali.

Ternyata sekarang ada fitur tambahan dalam pembuatan status. Sepertinya ini bagus juga untuk kepraktisan saat rindu order, misalnya. Silakan lihat gambar di bawah.

status

Menu yang ditambahi sendiri (tidak sesuai opsi yang disediakan) juga sudah bisa dilakukan di FB mobile. Nggak penting memang, kecuali yang hobi ngiseng kayak saya:)

feelingAda pula menu semacam ini di Timeline.

Seiring banyaknya perubahan, informasi mengenai pengamatan Like terutama di postingan yang terbuka untuk umum, saya makin paham bahwa seperti kata suatu artikel, « Bagi Facebook, pengguna hanyalah data yang bermanfaat untuk iklan. » Dan itu sangat wajar.

Masih soal perubahan tadi, kita sering mengaku jemu dan bosan terhadap rutinitas dan situasi monoton. Tapi rupanya bosan bukan berarti mau berubah.

Laisser un commentaire

