Ketika Google Ngadat

Sudah beberapa minggu belakangan saya tidak bisa buka situs Google. Peringatannya « Ups, bla bla bla… » yang merujuk ke Google Help untuk mencari tahu permasalahan. Tuduhan terkuatnya adalah proxy jalan belakang yang memang kadang-kadang saya gunakan. Tapi kadang ini jarang banget lantaran lebih sering gagal/leletnya, misal nonton video Youtube yang diblokir untuk penonton Indonesia. Ngecek add-ons, plugins browser, atau program siluman di Control Panel, tak ada. Bersih-bersih jikalau ada malware, nihil pula.

Lucunya lagi, Google bertingkah sama dengan provider lain baik di modem maupun di hp android saya. Lho, apa salah mereka? Bedanya dikit saja, bisa buka Google asalkan memasukkan Captcha. Doh ribetnya. Apalagi jika itu di hp. Saya jarang googling di hp jika tidak mendesak amat. Karena kesal dan merasa toh isinya gitu-gitu aja, saya ganti setting search engine di browser dan homepage menjadi situs lain. Hitung-hitung penyegaran juga, syukur-syukur nambah wawasan.

Mendadak sejak kemarin, saya tak bisa buka Playstore di hp. Repot nggak repot sih, tapi merembet ke nggak bisa buka Google Mail di browser, Youtube juga… alasannya « certificate error ». Lha, ngapain saya? Nggak pernah install proxy siluman juga. Sementara itu, aplikasi lain lancar-lancar saja. Saya jadi kepikir salah pencet iklan yang nongol di salah satu app. Mungkin perlu format SD card. Mungkin perlu reset factory settings. Tapi yang terakhir ini kalau udah butek banget dan repot juga. Pindah data ke SD card yang lumayan berisiko karena saya pernah kehilangan banyak file sewaktu back-up ke laptop. Untungnya sih « cuma » foto, tapi hasil pergi jauh-jauh menurut ukuran saya.

Saya putuskan cari jalan keluar sambil online di laptop saja. Bacanya lebih tenang, lebih jelas, lebih ngerti insya Allah. Lagi pula certificate error tadi tidak muncul di laptop. Alhamdulillah.

Ketemulah forum ini, dan setelah praktik beberapa langkah… ternyata biang kerok Google macet di Android itu setting waktu alias tanggal yang berubah. Kemarin saat kuota habis, saya ganti simcard tanpa ngecek bahwa tanggalnya berubah (mundur sebulan atau setahun, saya lupa). Sama aja dong dengan hape biasa, mesti di-set ulang. Alhamdulillah, lancar lagi.

Pesan moralnya: jangan gampang panik. Lihat ke luar dulu, bernapas dulu, ngeteh dulu. Dan bagaimanapun, baca hasil search di laptop lebih nyaman daripada di hp. Sangat membantu.

gugel

Oh ya, saya lagi online dengan provider berbeda (ketiga, karena lain lagi dengan yang di hape dan modem tempo hari). Google-nya lancar tuh. Jadi kenapa? Entahlah. Mungkin dia lelah atau labil. Mungkin Google emang gitu orangnya.

Publicités

Laisser un commentaire

Entrez vos coordonnées ci-dessous ou cliquez sur une icône pour vous connecter:

Logo WordPress.com

Vous commentez à l'aide de votre compte WordPress.com. Déconnexion / Changer )

Image Twitter

Vous commentez à l'aide de votre compte Twitter. Déconnexion / Changer )

Photo Facebook

Vous commentez à l'aide de votre compte Facebook. Déconnexion / Changer )

Photo Google+

Vous commentez à l'aide de votre compte Google+. Déconnexion / Changer )

Connexion à %s